Penyebab Gangguan Pencernaan yang Sering Terjadi

Makan adalah salah satu kegiatan utama yang dilakukan manusia untuk bertahan hidup. Ada banyak jenis makanan yang dihasilkan sejak zaman dahulu hingga sekarang. Jenis makanan tersebut disesuaikan dengan selera orang-orang pada zaman tertentu. Keanekaragaman yang dihasilkan memudahkan seseorang untuk menentukan jenis makanan yang disukai dan yang tidak disukai.

Makanan kesukaan seseorang tidak bisa disamakan dengan selera orang lain. Hal tersebut juga dipengaruhi oleh kondisi organ pencernaan yang dimiliki oleh masing-masing individu. ada beberapa orang yang memiliki organ pencernaan yang kuat terhadap makanan yang pedas. Namun, tidak sedikit pula yang tidak tahan dengan makanan pedas. Makanan pedas akan menyebabkan perut terasa panas dan sakit dalam waktu yang bersamaan.

Hal tersebut tentulah wajar, hal yang tidak wajar justru terjadi tatkala orang yang biasa melahap makanan pedas justru merasa kewalahan ketika menyantap makanan pedas. Hal tersebut bisa terjadi karena adanya gangguan yang terjadi pada sistem pencernaannya. Perut yang biasanya terasa biasa saja justru terasa panas karena menyantap makanan pedas.

Gangguan pencernaan dapat diartikan sebagai kesulitan yang dirasakan seseorang ketika mencerna makanan, kesulitan tersebut ditunjukkan dengan adanya nyeri perut atau nyeri pada ulu hati. Selain itu ketika bersendawa juga akan terasa tidak nyaman karena perut terasa sakit. Bila kondisi seperti ini terjadi, kondisi organ pencernaan sedang bermasalah dan membutuhkan pertolongan agar kembali baik.

Banyak orang yang mudah terkena gangguan pencernaan. Salah satunya bisa diderita oleh orang yang sedang stres. Stres dapat menambah jumlah asam lambung yang akan mengganggu sistem pencernaan. Selain itu, konsumsi alkohol secara berlebihan juga akan melukai organ pencernaan. Nantinya luka tersebut akan mengganggu sistem pencernaan yang dilakukan oleh tubuh. Hal selanjutnya yang bisa menyebabkan gangguan pencernaan adalah adanya penyakit maag yang diderita oleh seseorang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *