Apa Tanda Seseorang yang Menderita Penyakit Ginjal?

Tanda yang dapat memperlihatkan penyakit ginjal yang sedang dialami oleh seseorang tidak serta-merta terlihat dan dapat langsung diketahui. Hal tersebut dikarenakan tanda seseorang menderita sakit ginjal bisa dibilang hampir sama dengan gejala atau tanda dari penyakit lain. Berikut ini adalah beberapa tanda yang bisa terlihat dari seseorang yang menderita penyakit ginjal.

Pertama, beberapa bagian tubuh akan mengalami pembengkakan. Seperti yang telah dijelaskan, pembengkakan yang terjadi pada beberapa bagian tubuh seseorang terjadi akibat menumpunya zat yang tidak diperlukan oleh tubuh akibat gagalnya ginjal menyaring dan mengeluarkan itu semua. Zat yang tidak berguna akan menumpuk pada beberapa bagian tubuh sehingga menyebabkan bengkak. Masih berkaitan dengan menurunnya kinerja ginjal untuk menyaring zat yang tidak berguna dalam tubuh, urin yang dihasilkan dan harus dikeluarkan juga akan semakin berkurang. Hal tersebut disebabkan karena tidak adanya cairan yang gagal dibuang. Pada kondisi yang lebih parah, keadaan urin justru akan berbusa atau tercampur dengan darah.

Penyakit pada ginjal juga akan menyebabkan seseorang mengalami dehidrasi. Dehidrasi adalah kondisi dimana tubuh kekurangan cairan. Ginjal sebagai organ dalam tubuh yang bertugas untuk mengatur kondisi cairan dalam tubuh akan merasa kewalahan untuk melakukan banyak hal bila sedang mengalami kerusakan. Penyakit ginjal adalah masalah serius karena tubuh mengalami kekurangan cairan, tapi tidak ada atau sedikit saja cairan yang bisa dikeluarkan oleh tubuh.

Penyakit ginjal bisa dideteksi dengan melakukan serangkaian tes yang dilakukan dengan pengawasan dokter. Tes pertama yang bisa dilakukan adalah tes urin. Tes urin berfungsi untuk melihat ada atau tidaknya dan seberapa banyak jumlah albumin yang terkandung. Albumin adalah salah satu protein yang seharusnya berada dalam darah. Bila urin mengandung protein albumin maka dapat dipastikan ginjal gagal melakukan tugasnya yaitu penyaringan. Selain itu, pada urin juga akan terlihat ada atau tidaknya bakteri. Bila ada, hal tersebut juga bisa dijadikan petunjuk kerja ginjal yang kurang optimal.

Selain tes urin ada pula tes darah untuk mengetahui apakah seseorang menderita penyakit ginjal atau tidak. Pada tes darah akan terlihat ada atau tidaknya zat kreatinin. Zat kreatinin adalah salah satu zat yang ada di otot. Bila berada dalam darah, berarti otot akan kekurangan zat tersebut. Selain itu, jumlah laju filtrasi glomerulus dan sel darah merah juga akan dilihat kondisinya.

Penyakit ginjal bisa disembuhkan dengan mengikuti pengobatan yang disarankan oleh dokter. Berbagai macam obat dan asupan nutrisi yang dapat mengembalikan kondisi ginjal menjadi lebih baik harus segera dan banyak dilakukan. Penanganan penyakit ginjal secara cepat bisa mengurangi tingkat komplikasi yang mungkin terjadi dengan organ dalam tubuh yang lain sehingga kesehatan tubuh tidak akan memburuk.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *